Sabtu, 22 Maret 2014

Buat Apa Sekolah ?




Sudah 11 tahun ini saya menjalani jenjang pendidikan dasar yang resmi, dari kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA. Dari 11 tahun itu, hari ini saya mau simpulkan 1 hal. Bahwa sekolah itu nggak ada gunanya!

Sebenarnya apa tujuan kita sekolah? Mencari ilmu dan belajar supaya pintar? Oh, itu pasti, jawaban yang paling standar. Tapi saya rasa jawaban itu hanya kedok belaka. :? Cuma alasan yang dibuat-buat saja supaya kita ada alasan untuk masuk sekolah, supaya ada alasan supaya didirikan sekolah.

Lho kenapa? Sekarang begini.

Apa gunanya sekolah, kalau di sekolah pada nyatanya setiap hari kita hanya menunggu teman untuk mengerjakan soal-soal dan kita tinggal menyalinnya saja?

Apa gunanya sekolah, kalau jam belajar di sekolah pada nyatanya justru digunakan untuk kegiatan di luar sekolah — dengan kata lain, kabur dari sekolah dan jalan-jalan entah kemana?

Apa gunanya sekolah, kalau di sekolah ternyata kita justru berlomba-lomba untuk meraih nilai dan ranking tertinggi dengan menghalalkan segala cara?

Apa gunanya sekolah, kalau ternyata ketika ulangan disana kita justru lebih takut untuk mendapat nilai jelek dibandingkan takut tidak bisa memahami ilmu yang diberikan?

Apa gunanya sekolah, kalau ternyata kita takut jawaban kita tidak seragam dengan orang lain?

Apa gunanya sekolah, yang katanya membentuk pribadi yang lebih baik, jika pada kenyataannya di sekolah kita justru diajarkan mencuri dengan menggunakan software bajakan?

Apa gunanya sekolah, yang katanya mengajarkan nilai-nilai moral, jika pada kenyataannya kita masih suka menyiram kucing dengan air panas, menendang anjing yang berjalan lunglai karena tak mendapat makanan, atau saling merendahkan manusia yang katanya sederajat satu sama lain?

Apa gunanya sekolah, yang katanya mengajarkan kebersihan lingkungan, jika pada kenyataannya kita masih membuang sampah di mana saja, tak mengembalikan barang-barang setelah jajan di kantin, dan tak bisa membedakan mana sampah organik dan non-organik?



Jadi apa gunanya sekolah, kalau pada nyatanya itu tak merubah mental dari diri kita jadi lebih baik? Kayaknya nggak ada gunanya, kan? Jadi saya simpulkan aja, bahwa sekolah itu nggak ada gunanya.

Sumber : http://deathlock.wordpress.com/2007/12/09/sekolah-buat-apa/

NOTE : Boleh copy paste tapi harus pasang LINK yang terhubung ke blog ini, THANK'S !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar